Selasa, 19 Juli 2011

HUBUNGAN ANTARA JASA PELAYANAN DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSUD DR. M. ASHARI PEMALANG TAHUN 2011


PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN      SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN CIREBON   2011
ABSTRAK
DEWI KARTININGSIH
HUBUNGAN ANTARA JASA PELAYANAN DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSUD DR. M. ASHARI PEMALANG TAHUN 2011
xiii + 65 halaman, 8 tabel, 2 gambar, 7 lampiran
Rumah Sakit merupakan suatu organisasi yang unik, juga sebagai institusi pelayanan kesehatan yang harus merespon dan produktif dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan. Salah satu factor yang mendukung pelayanan kesehatan di Rumah Sakit adalah adanya tenaga keperawatan yang bekerja selama 24 jam dalam memberikan asuhan keperawatan. Askep akan optimal jika motivasi kerja perawat tinggi. Salah satu faktor yang memotivasi kinerja perawat adalah adanya suatu penghargaan dari kinerja mereka baik berupa finansial maupun non finansial. Jasa Pelayanan merupakan sarana motivasi, dapat diberi batasan perangsang atau pendorong yang diberikan dengan sengaja kepada para pekerja agar dalam diri mereka timbul semangat yang lebih besar untuk berprestasi bagi organisasi sehingga dapat diketahui hubungan antara jasa pelayanan dengan kinerja perawat                                                                                                                                             
Penelitian ini menggunakan metode dekriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional, subyek penelitiannya adalah perawat yang melaksanakan asuhan keperawatan dengan total responden 64 orang, dan digunakan analisa data univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistic chi square, digunakan tingkat kemaknaan 0,05 (5%), penelitian ini dilakukan dari tanggal 3 Mei s/d 10 Mei 2011di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang
Dari hasil penelitian didapatkan jasa pelayanan rendah sebanyak 67,2% dan jasa pelayanan tinggi 32,8% sedangkan kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan yang buruk 54,7% dan yang baik 45,3%. Hasil uji statistik analisa bivariat didapatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Jasa Pelayanan dengan Kinerja Perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan dengan P value = 0,03
Berdasarkan penelitian ini dapat direkomendasikan bagi pihak manajemen Rumah Sakit untuk mengadakan sistem remunerasi bagi perawat
Kata Kunci    : Jasa Pelayanan, Kinerja, Perawat, Asuhan Keperawatan.
Daftar bacaan: 26 (2000-2010)

1 komentar: