Senin, 25 Juli 2011

iklim kerja dan produktifitas kerja perawat


  PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN CIREBON


Abstrak

Hubungan Iklim Kerja Dengan Produktifitas Kerja Perawat Pelaksana di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. M.Ashari Kabupaten Pemalang        Tahun 2009
Xii + 66 halaman + 14 tabel + 1 bagan + 12 lampiran


Oleh
Tamrin Windiharto


Tenaga perawat merupakan tenaga mayoritas dan peranannya sangat menentukan baik-buruknya mutu pelayanan kesehatan di suatu rumah sakit. Iklim kerja yang baik akan berdampak pada peningkatan produktifitas kerja perawat pelaksana.Produktifitas kerja perawat pelaksana yang meningkat pada akhirnya akan meningkatkan mutu pelayanan asuhan keperawatan kepada pasien.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan iklim kerja dengan produktifitas kerja perawat pelaksana di instalasi rawat inap RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner iklim kerja sebanyak 30 butir pernyataan dan produktifitas kerja sebanyak 25 butir pernyataan. Populasi penelitian adalah seluruh perawat pelaksana di instalasi rawat inap RSUD Dr. M.Ashari Kabupaten Pemalang berjumlah 94 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling, jumlah sampel 76 orang.

Dari hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi square dan α= 0,05 diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara iklim kerja dengan produktifitas kerja perawat pelaksana di instalasi rawat inap RSUD Dr. M.Ashari Kabupaten Pemalang (ρ value 0,001).

            Alangkah baiknya kepada peneliti lain dapat melakukan penelitian ini dengan jumlah responden dan waktu yang lebih lama sehingga akan dicapai hasil yang lebih maksimal.

Kata Kunci : Iklim Kerja, Produktifitas Kerja, Perawat Pelaksana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar